0 Comments

Halo, para pecinta kue! Siapa di sini yang tidak suka coklat? Rasanya, coklat adalah salah satu bahan yang bisa membuat hari-hari kita lebih manis, terutama jika diolah menjadi kue yang lembut dan menggugah selera. Nah, kali ini saya mau berbagi resep kue coklat yang dijamin akan membuat kamu ketagihan. Yuk, siapkan bahan-bahan dan mari kita mulai!

Bahan-Bahan

Sebelum kita masuk ke proses pembuatannya, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan berikut ini:

  • 200 gram coklat hitam (cairkan)
  • 100 gram mentega
  • 150 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 30 gram cocoa powder
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Sejumput garam
  • Coklat chips (opsional, untuk taburan)

Cara Membuat

Langkah 1: Lelehkan Coklat dan Mentega

Pertama-tama, lelehkan coklat hitam dan mentega dalam sebuah mangkuk. Kamu bisa melakukannya dengan cara ditim atau menggunakan microwave. Pastikan keduanya tercampur rata dan sisihkan hingga agak dingin.

Langkah 2: Kocok Telur dan Gula

Di mangkuk terpisah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna lebih terang. Jika kamu menggunakan mixer, cukup kocok selama 5-7 menit.

Langkah 3: Campurkan Bahan Basa

Setelah campuran telur dan gula siap, masukkan campuran coklat dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata menggunakan spatula. Jangan khawatir, kue ini akan tetap lembut meski terlihat kental.

Langkah 4: Ayak Bahan Kering

Selanjutnya, ayak tepung terigu, cocoa powder, baking powder, dan garam ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur sempurna. Jika kamu suka, tambahkan coklat chips untuk memberikan sensasi ganda pada kue ini.

Langkah 5: Siapkan Loyang dan Oven

Panaskan oven di suhu 180 derajat Celsius. Siapkan loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan.

Langkah 6: Panggang Kue

Panggang kue dalam oven selama 25-30 menit. Cek kematangan dengan menusukkan tusuk gigi; jika keluar bersih, berarti kue sudah siap! Jika ada sedikit adonan yang menempel, itu tanda kue masih lembut dan ‘basah’, yang justru diinginkan.

Langkah 7: Dinginkan dan Sajikan

Setelah kue matang, biarkan di dalam loyang selama beberapa menit sebelum dipindahkan ke rak kawat untuk mendinginkan. Potong kue sesuai selera dan nikmati!

Tips Menyajikan

Kue coklat ini enak disajikan dengan taburan gula halus atau es krim vanila di sampingnya. Paduan rasa coklat yang kaya dan es krim yang creamy pasti akan membuat siapapun ketagihan!

Selamat mencoba resep kue coklat yang lembut ini di rumah. Jangan lupa untuk berbagi hasilnya dengan teman-teman atau keluarga. Siapa tahu, kamu bisa jadi “master chef” kue coklat di antara mereka! Happy baking! 🍫✨

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts